Langsung ke konten utama

#CatatanCakrawala - Air Terjun Tosah, Desa Muara Jaan #ExploreMurungRaya


Air Terjun Tosah (3 Tingkat)
Air Terjun Tosah merupakan satu dari beberapa Air Terjun yang telah terekspose di Kabupaten Murung Raya. Air Terjun 3 tingkat ini letaknya di Desa Muara Jaan, walaupun tidak persis di desanya. Seperti yang telah admin ceritakan sebelumnya, ini adalah air terjun yang bisa dikunjungi ketika kita hendak menuju Puruk Cahu, kalau melewati jalan darat dan tidak melewati pesawat atau kapal.

Keunikan dari air terjun ini adalah pada saat musim kemarau air terjun ini akan kelihatan terbelah menjadi tiga aliran air (tingkat 1) dan 4-5 aliran di tingkat bawahnya (belah 3-nya mirip dengan Mandin Pantan di Riam Kanan Kalimantan Selatan). Airnya bahkan masih cukup jernih tidak terkontaminasi oleh zat-zat beracun atau warna-warna kekuningan ala sungai-sungai yang sering jadi sasaran tempat pendulangan emas seperti sebagian besar sungai di Kalimantan heuheu...

Rutenya, ini jika pointnya dari arah jalur admin kemarin (ada di post sebelumnya), melewati jalur Kuala Kurun-masuk simpang Sei Hanyo-Jembatan Sei Hanyo-Jakatan Pari-simpang Tumbang Lahung-Dirung-simpang Muara Untu lurus, jangan belok. Sekitar 20-30 menit kemudian akan ada plang masuk air terjun seperti di bawah.


Atau jika dari arah Muara Teweh (Banjarmasin, Buntok, dsb) atau arah sebaliknya yitu Puruk Cahu, ikuti jalan lintas Muara Teweh menuju Puruk Cahu (slow down aja karena terlalu banyak tikungan dan tanjakan seperti jalan Sei Hanyo). Mendekati Km. 68 akan ada plang seperti ini, kemudian belok kiri (ke arah Tumbang Lahung/Kuala Kurun).

persimpangan Km 68

Sekitar beberapa km, akan ada plang masuk ke air terjun seperti gambar kedua di atas. Setelah itu masuk ke dalam sekitar 500an meter. Jalan masuk sudah lumayan baik (untuk roda dua) sampai mentok di air terjunnya (Jalannya tidak turun-naik seperti di Kuala Kurun). Untuk roda empat sebaiknya parkir di depan plang masuk saja karena belum ada area parkir yang memadai untuk roda empat.

Saat ini di kawasan air terjun ini sudah dibangun Toilet dan Gazebo. Bahkan pada hari - hari tertentu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sini, terlebih karena Air Terjun ini lokasinya cukup strategis, tidak jauh dari Jalan Lintas Muara Teweh-Puruk Cahu, ataupun Puruk Cahu-Kuala Kurun, dan kalaupun trekking (jalan kaki) ke dalam tidak harus naik-turun bukit karena tempatnya yang cukup landai di sisi sungai. Bahkan tempat ini pun cocok untuk nge-camp atau hammock-an karena pepohonan di sekitarnya yang masih alami. Warga sekitar pun mengambil air langsung dari air terjun ini saking jernihnya.


Pelangi yang muncul karena pantulan dari sinar matahari


Sungai yang masih jernih di sisi bawah air terjun


Namanya doang gapapa, suatu saat pengen membawa kru ANTIX kemari :D

Masih ada beberapa catatan perjalanan Admin di Murung Raya, nantikan di post berikutnya. Ingat tetap jaga kebersihan, apabila berkunjung jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya dan jangan mengotori atau merusak fasilitas-fasilitas ataupun tumbuhan yang ada di sekitar kawasan ini. Be a smart traveler!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#CatatanCakrawala - Sebuah Perjalanan Tak Terduga di Hulu Kabupaten Kapuas #Masuparia

Desa Masuparia Masupa Ria, adalah salah satu Desa yang berada di hulu Kapuas, tepatnya di hulu Sungai Mendaun anak Sungai Kapuas. Sekedar Informasi Desa terujung di Sungai Kapuas adalah Tumbang Bukoi, dan Desa yang berada di Muara Sungai Kapuas adalah Desa Batanjung. Keduanya berada di Kabupaten Kapuas, kabupaten yang wilayahnya memanjang dari hilir sampai ke hulu Kapuas. Tapi bukan Kapuas di Pontianak, tetapi di Kalimantan Tengah (biar ga typo hehe). Desa ini juga berada di daerah perbukitan yang merupakan jajaran Pegunungan Schwaner dan Muller, sehingga Masupa Ria juga termasuk dalam Jantung Kalimantan (Heart of Borneo). Di daerah ini juga terdapat areal pedulangan emas yang materialnya diambil dari kaki Gunung Puti/Masupa. Di tempat ini juga terdapat 3 Air Terjun dengan tinggi sekitar 100 meter.

#CatatanCakrawala - Monumen Tambun Bungai #Throwback #ExploreGunungMas

Monumen Tambun Bungai Monumen Tambun Bungai, merupakan satu dari benda cagar budaya bersejarah yang ada di Kabupaten Gunung Mas, sekaligus juga salah satu destinasi Wisata Budaya yang memiliki daya tarik tersendiri. Tambun Bungai, ini diambil dari nama dua orang tokoh legenda Suku Dayak, yakni Tambun dan Bungai. Legenda dan cerita rakyat Tambun Bungai sangat dikenal masyarakat setempat sebagai asal usul manusia di bumi Kalimantan Tengah. Tambun Bungai menjadi ikon Kalimantan Tengah, yakni Bumi Tambun Bungai, dan diambil sebagai nama jalan di beberapa kota di Kalimantan Tengah. Oke, sekarang kita akan mencoba melakukan perjalanan kembali ke "akar"

#CatatanCakrawala - Panorama Pasir Putih, Air Terjun Bumbun dan Tugu Equator Tumbang Olong #ExploreMurungRaya

Bukit Pasir Putih, mungkin juga disebut Bukit Tengkorak, adalah salah satu bukit yang cukup tinggi di jalur HPH yang menghubungkan daerah Uut Murung dan Muara Bumban. Ketinggiannya hampir mencapai >200an mdpl, tidak jauh dari situ terdapat Air Terjun Bumbun berketinggian sekitar 80 meter dan Desa Tumbang Olong yang merupakan ibukota Kecamatan Uut Murung. Di sanalah terdapat Tugu Khatulistiwa karena letaknya tepat di atas garis Khatulistiwa, dengan kata lain tempat tersebut jika diambil garis lurus maka sejajar dengan Kota Pontianak di Kalimantan Barat.  Titik kulminasi yaitu saat Matahari berada di atas garis Khatulistiwa (sekitar tanggal  21-23 Maret dan 21-23 September), juga terjadi di Tugu Equator Tumbang Olong ini, walaupun mungkin berbeda jam dengan Tugu yang di Pontianak. Pada saat itu bayangan kita akan tidak terlihat selama beberapa detik, karena Matahari akan berada tepat di atas kepala kita. Jarak tempuh menuju Kecamatan Uut Murung ini cukup jauh, sekitar 120 km,