Langsung ke konten utama

Rasisme dalam Kehidupan Anak Muda


Kalau ada yang belum tahu arti rasis atau rasisme, mari saya jabarkan:

Dalam Wikipedia, Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya.

In english, Racism is usually defined as views, practices and actions reflecting the belief that humanity is divided into distinct biological groups called races and that members of a certain race share certain attributes which make that group as a whole less desirable, more desirable, inferior or superior.

Jadi, Rasisme atau rasis hampir 11:12 dengan perbuatan diskriminasi.

Di jaman sekarang orang - orang yang pandang rasis (orang yang menganut prinsip ini) sangat banyak, bahkan anak muda zaman sekarang (sadar tidak sadar) termasuk orang - orang yang juga menganut paham seperti ini.

Contoh paling konkret: Dalam hal memilih teman atau pacar, atau dalam hal pergaulan. Itulah sebabnya mengapa banyak sekali pengelompokan sosial di tengah - tengah kehidupan anak muda saat ini, sehingga banyak sekali stereotipe (pandangan terhadap kelompok tertentu) yang dibilang 'ngaco'.

Ada kelompok yang dipandang 'elit', ada kelompok yang dipandang 'jelek', geng motor, geng mobil, dan lain sebagainya. Memang pengelompokan seperti itu sebenarnya lumrah, yang salah apabila kita punya stereotipe negatif ke kelompok tertentu, sehingga kita tidak mau join atau kerjasama dengan mereka, atau kita membentuk kelompok karena kita merasa superior dan tertutup dengan yang lain (Namun setidaknya official kami tidak demikian hahaha :p)

Rasisme, sadar tidak sadar juga dialami oleh kaum muda yang sedang cari pacar. Orang yang rasismenya tinggi cenderung tipe pacar yang diidam - idamkannya terkesan ribet bahkan tidak masuk akal, atau lebih dominan ke fisik.
 


Bicara tentang hal ini memang tiada habis - habisnya. Rasisme seakan sudah meracuni anak muda jaman sekarang ini, bahkan mungkin ini faktor yang menyebabkan alay, galau dan sebagainya mewabah...

Sebenarnya jika kita cerdas kita bisa berpikir, toh manusia ciptaan Tuhan itu tidak ada yang sempurna, kalau kita menuntut hal yang sempurna di mata kita jelas itu mustahil. Entah apa jadinya jika kita berpikir demikan. Lebih baik kita menjadi seseorang yang berpikir realistis, hadapi kenyataan bahwa tidak ada yang sempurna di muka bumi ini.



Kemudian sebagai saran, jangan kita menuntut fisik tetapi lihat karakter dan hatinya. Jangan sampai kita menjadi seseorang yang dipandang rasis karena hal itu. Life is full with color guys.... Pilih dengan bijak tapi jangan nuntut...

Salam Official.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

#CatatanCakrawala - Sebuah Perjalanan Tak Terduga di Hulu Kabupaten Kapuas #Masuparia

Desa Masuparia Masupa Ria, adalah salah satu Desa yang berada di hulu Kapuas, tepatnya di hulu Sungai Mendaun anak Sungai Kapuas. Sekedar Informasi Desa terujung di Sungai Kapuas adalah Tumbang Bukoi, dan Desa yang berada di Muara Sungai Kapuas adalah Desa Batanjung. Keduanya berada di Kabupaten Kapuas, kabupaten yang wilayahnya memanjang dari hilir sampai ke hulu Kapuas. Tapi bukan Kapuas di Pontianak, tetapi di Kalimantan Tengah (biar ga typo hehe). Desa ini juga berada di daerah perbukitan yang merupakan jajaran Pegunungan Schwaner dan Muller, sehingga Masupa Ria juga termasuk dalam Jantung Kalimantan (Heart of Borneo). Di daerah ini juga terdapat areal pedulangan emas yang materialnya diambil dari kaki Gunung Puti/Masupa. Di tempat ini juga terdapat 3 Air Terjun dengan tinggi sekitar 100 meter.

#CatatanCakrawala - Monumen Tambun Bungai #Throwback #ExploreGunungMas

Monumen Tambun Bungai Monumen Tambun Bungai, merupakan satu dari benda cagar budaya bersejarah yang ada di Kabupaten Gunung Mas, sekaligus juga salah satu destinasi Wisata Budaya yang memiliki daya tarik tersendiri. Tambun Bungai, ini diambil dari nama dua orang tokoh legenda Suku Dayak, yakni Tambun dan Bungai. Legenda dan cerita rakyat Tambun Bungai sangat dikenal masyarakat setempat sebagai asal usul manusia di bumi Kalimantan Tengah. Tambun Bungai menjadi ikon Kalimantan Tengah, yakni Bumi Tambun Bungai, dan diambil sebagai nama jalan di beberapa kota di Kalimantan Tengah. Oke, sekarang kita akan mencoba melakukan perjalanan kembali ke "akar"

#CatatanCakrawala - Panorama Pasir Putih, Air Terjun Bumbun dan Tugu Equator Tumbang Olong #ExploreMurungRaya

Bukit Pasir Putih, mungkin juga disebut Bukit Tengkorak, adalah salah satu bukit yang cukup tinggi di jalur HPH yang menghubungkan daerah Uut Murung dan Muara Bumban. Ketinggiannya hampir mencapai >200an mdpl, tidak jauh dari situ terdapat Air Terjun Bumbun berketinggian sekitar 80 meter dan Desa Tumbang Olong yang merupakan ibukota Kecamatan Uut Murung. Di sanalah terdapat Tugu Khatulistiwa karena letaknya tepat di atas garis Khatulistiwa, dengan kata lain tempat tersebut jika diambil garis lurus maka sejajar dengan Kota Pontianak di Kalimantan Barat.  Titik kulminasi yaitu saat Matahari berada di atas garis Khatulistiwa (sekitar tanggal  21-23 Maret dan 21-23 September), juga terjadi di Tugu Equator Tumbang Olong ini, walaupun mungkin berbeda jam dengan Tugu yang di Pontianak. Pada saat itu bayangan kita akan tidak terlihat selama beberapa detik, karena Matahari akan berada tepat di atas kepala kita. Jarak tempuh menuju Kecamatan Uut Murung ini cukup jauh, sekitar 120 km,