Langsung ke konten utama

Kaleidoskop Official Event 2011

Agan - agan dan aganwati, hampir sekian bulan ini official tidak mengupdate tentang kegiatan - kegiatan dan event - event yang diikuti dan didokumentasikan oleh Official, dan berhubung tugas - tugas besar dan project yang menggunung sehingga membuat beberapa anggota nyaris... Entah nyaris apa yang jelas karena kesibukan admin/owner, blog ini hampir tidak terurus dan hanya memposting artikel yang dirasa kurang penting...

Well, sejak PKMB sampai saat ini telah banyak kegiatan yang Official sponsori dan ikuti, salah satu yang menurut admin/owner yang penting adalah kegiatan himpunan tempat admin bernaung. Yupz, benar. Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI).

Kedudukan admin di himpunan sebenarnya sangat - sangat klop, yaitu di bidang Litbang, bidang dimana orang - orang di situ membuat konsep kegiatan dan membuat master-plannya. Kita tidak dibayar, tetapi kita mendapatkan nilai lebih dalam berorganisasi. Kita belajar jujur dan transparan dalam berorganisasi, agar nantinya tidak ada lagi penyakit macam Cicak vs Buaya, Ikan Salmon vs Ikan Teri, dsb. Emangnya siapa yang mau menjadi ikan ataupun amfibi. Lebih baik menjadi malaikat, setengah malaikat pun barangai, asal jangan malaikat maut. Hehehe just kidding :p

Sebenarnya ini tidak tepat disebut kaleidoskop, karena kegiatan sebelumnya telah dijelaskan sampai berbusa - busa (PI 2011, PROTEKSI, Inagurasi, dsb). Admin hanya ingin mereview kegiatan yang tidak pernah diekspos, ataupun yang belum terekspos. So that, admin akan kasih tahu eventnya (wait a second, tadi ngomong owner, sekarang admin... gaje banget deh)

1. Inagurasi Teknik (KMFT 2011)

KMFT, disingkat Keakraban Mahasiswa Fakultas Teknik. Awalnya hanya ingin make kata Inagurasi, tetapi karena sudah Double dengan Inagurasi Universitas (lihat posting sebelumnya), maka namanya diubah menjadi KMFT. Bu Dekan dan Ketua SEMA setuju, maka kegiatan tersebut diadakan.

Nah, ada sedikit hal yang tidak mengenakkan di sini, kegiatannya sebenarnya dilaksanakan tanggal 9 Oktober 2011 malam, tetapi kelihatannya Tuhan berkehendak lain. Acaranya molor satu hari ke tanggal 10 Oktober 2011. Hal ini dikarenakan cuaca yang sedang tidak bersahabat (maklum karena live outdoor, bukan live-house). Untuk mencari dana, panitia bekerjasama dengan pihak Teh Botol. Bukan sesuatu yang buruk, kegiatan tanggal 10 itu berjalan dengan sukses. Temanya juga unik yaitu "All be Family in Teknik". Kita bisa melihat konsep acara yang warna - warni, menandakan bahwa sesuatu yang berbeda prinsip bisa menjadi satu.

PhotoSpot KMFT 2011

Sesuatu yang tidak kalah unik di sini adalah dengan adanya Photo-spot. Zona dimana kita bisa berfoto ria dengan teman, pacar, atau teman satu kelompok PROTEKSI (kan panitianya dari peserta PROTEKSI itu sendiri).

Nah, kegiatannya dimulai dari jam 7 malam sampai selesai. Ada beberapa perform (penampilan) dari beberapa anak Teknik. Bahkan ada juga yang dari luar. Salah satu yang benar - benar unik pada acara ini adalah saat penampilan peserta PROTEKSI dengan atribut - atribut mereka masing - masing. Mereka mempertunjukkan penampilan yang menarik berdasarkan tema yang diusung.

Sampai disini liputan KMFTnya, Well, kita lanjut ke yang kedua:

2. POMTEK

POMTEK (Pekan Olahraga Mahasiswa Teknik), dilaksanakan dalam rangka merayakan HUT Fakultas Teknik. Tidak terlalu banyak yang admin ekspos berhubung bentrokan dengan PKMB dan KMFT (admin fokus hanya pada dua event itu saja). Ini adalah salah satu kegiatan Olahraga Anak Teknik, seingat admin ada beberapa cabang Olahraga yang dipertandingkan di situ, salah satunya Futsal, Voli, Billiard, Catur, Tenis Meja, dan Basket. Pembagian pialanya dilaksanakan saat malam KMFT yaitu tanggal 10 Oktober 2011.

3. Kunjungan Kasih ke Pamarunan

Pamarunan Entrance
Dilaksanakan dari tanggal 21-23 Oktober 2011. Tempat yang dituju lumayan jauh, sekitar 40-an km dari Palangka Raya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh PSAK (Persekutuan Sivitas Akademika Kristen) Teknik Unpar. Ada banyak macam games, kegiatan rohani, dan yang paling terpenting adalah : BERBAGI KASIH.

Well, inilah inti dari kegiatan ini. Sama - sama beribadah, sama - sama bermain, dan sama - sama belajar untuk bisa Mengasihi dan Berbagi Kasih.

Tidak terlalu banyak yang admin publikasikan di sini, karena admin baru datang saat tanggal 22, itupun kebanyakan Official ataupun orang - orang himpunan tidak bisa ke lokasi. Maklumlah, tugas mahasiswa.

Api Unggun
Berbeda dengan apa yang admin alami setahun yang lalu, saat itu kegiatannya di Bahu Palawa, masih tetanggaan dengan Pamarunan. Kegiatannya tidak seramai saat ini. Satu yang sangat membuat admin ataupun orang - orang yang baru berada di sana merasa takjub adalah: Desa ini sangat luas. Bahkan untuk keliling memantau admin harus menggunakan kendaraan, beda dengan tahun kemarin. Outbond malam juga tidak kalah seru, karena ada 'sesuatu' (Mungkin yang mengalami juga tahu sendiri). Terakhir adalah acara api unggun. Sayangnya saat admin menjadi peserta tahun kemarin tidak ada api unggun. Entah kenapa.

Yang jelas, kegiatannya berjalan dengan sukses tanpa kurang apapun. Well awal yang baik dan terobosan yang baik. Semoga saja. Lanjut!

4. Informatika Cup II

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 21-26 November 2011. Kegiatan ini dihimpun dari dana masyarakat yang bersedia menginstall ulang laptopnya dan tentunya kartu order. Hahahahahahaha.... Maklum, biaya sewa untuk gedung yang dipakai tanding (GORSENI UNPAR) juga mahal, akhirnya setelah nego dan nego, harganya bisa turun, namun dengan resiko harus kocar kacir lagi.

Peserta yang mau tanding
Beneran. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka merayakan hari Ulang Tahun Jurusan Teknik Informatika (walaupun admin ngga tahu teknis hari ulang tahunnya kapan). Seperti tahun sebelumnya pada pembukaan Inforcup (Sebutan singkat, padat, dan gaje-nya Informatika Cup), akan ada kegiatan seremonial untuk merayakan ulang tahun jurusan. Begitu pula jenis kegiatannya, yaitu FUTSAL. Sebagai bocoran, kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian bentuk penyeleksian pemain untuk mengikuti Dekan Cup (saya lupa kapan).

Uniknya tahun ini ada konsep baru yaitu dengan adanya Tarian Daerah dan Pemilihan Dosen Terfavorit. Pemilihan dosen favorit juga melalui proses voting yang memakan waktu cukup lama (Panitianya sampai begadang loh buat hal ini).

Proses voting melalui kotak saran yang berada pada himpunan, di situ kita bisa memilih dosen pria terfavorit, dosen wanita terfavorit, dan juga dosen yang ter-.... ahhhhh apa yo lah... (Nah ngga ingat lagi). Dosen terfavorit yang terpilih di sini adalah Bpk. Vincentius Abdi Gunawan (ini Dosen PA admin... hehehe) dan Bu Felicia Sylviana (Ketua Jurusan TI).

Official juga melakukan voting, jadi semuanya ikutan
Kegiatan ini menjadi satu - satunya sorotan media yang patut admin jelaskan. Kalau bisa sampai berbusa - busa seperti orang epilepsi (ah ngga lah).
Pertandingan Futsal pada kegiatan ini menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi, dimana ada kesempatan buat tim yang kalah poin buat main lagi. Admin tidak terlalu tahu spesifiknya seperti apa, karena admin bukan pakar dibidang olahraga.

Pada pertandingan ini ada beberapa tim dari berbagai jurusan di Teknik yang ikut bertanding. Di sini lebih banyak didominasi Teknik Sipil. Agak tidak seimbang, tetapi minat mereka untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar. SALUTE!

FINAL INFORCUP II, Tambang vs Arsitektur
Pada pertandingan final Teknik Pertambangan harus membawa pulang piala bergilir, tentu saja dong... Walaupun demikian kita harus tetap sportif, dan mengambil tema kegiatan ini "NOT JUST A GAME, THIS IS A PROOF" (Admin ga tahu artinya, beneran).

Kegiatan ini juga berlangsung sukses, walaupun pada akhirnya panitia harus kocar kacir cari dana lagi buat nutupin utang (tapi Panitia ga mau IMPOR loh). Hehehe.

Untuk para agan - agan dan aganwati yang masih penasaran dengan kegiatan ini admin akan share video reviewnya. Ini merupakan video EKSIBISI Panitia vs Dosen TI LIVE dari GORSENI UNPAR. Kalau mau video fullnya nanti akan admin upload setelah ujian. Ini adalah salah satu review yang unik. Baru kali ini admin dengan mata kepala sendiri melihat Panitia bisa menang eksibisi dengan dibantu dengan gol - gol Lionel Messi (ini pasti gara - gara efek nonton MU vs Manchester City *lho). Tapi serius! yang nge-gol ini cewe. Bukan HOAX. Berikut reviewnya.


Sengaja admin edit dengan teleconference suporter dari pihak official (padahal lain yang ditontonnya wkwkwk).

Demikian intermezo dan review kegiatan yang cukup banyak. Sengaja admin menggunakan kata - kata non-formal agar pembaca dapat memahami isi ceritanya (memangnya novel). Sekali lagi mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian informasi ini. Terima kasih buat semuanya yang sudah mendukung penerbitan postingan ini. Admin juga tidak lupa mengucapkan Met Natal dan Tahun Baru (biarpun telat). Dan akhir kata, SALAM PERUBAHAN. REVOLUSI 2012. DAHSYAT!!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#CatatanCakrawala - Sebuah Perjalanan Tak Terduga di Hulu Kabupaten Kapuas #Masuparia

Desa Masuparia Masupa Ria, adalah salah satu Desa yang berada di hulu Kapuas, tepatnya di hulu Sungai Mendaun anak Sungai Kapuas. Sekedar Informasi Desa terujung di Sungai Kapuas adalah Tumbang Bukoi, dan Desa yang berada di Muara Sungai Kapuas adalah Desa Batanjung. Keduanya berada di Kabupaten Kapuas, kabupaten yang wilayahnya memanjang dari hilir sampai ke hulu Kapuas. Tapi bukan Kapuas di Pontianak, tetapi di Kalimantan Tengah (biar ga typo hehe). Desa ini juga berada di daerah perbukitan yang merupakan jajaran Pegunungan Schwaner dan Muller, sehingga Masupa Ria juga termasuk dalam Jantung Kalimantan (Heart of Borneo). Di daerah ini juga terdapat areal pedulangan emas yang materialnya diambil dari kaki Gunung Puti/Masupa. Di tempat ini juga terdapat 3 Air Terjun dengan tinggi sekitar 100 meter.

#CatatanCakrawala - Monumen Tambun Bungai #Throwback #ExploreGunungMas

Monumen Tambun Bungai Monumen Tambun Bungai, merupakan satu dari benda cagar budaya bersejarah yang ada di Kabupaten Gunung Mas, sekaligus juga salah satu destinasi Wisata Budaya yang memiliki daya tarik tersendiri. Tambun Bungai, ini diambil dari nama dua orang tokoh legenda Suku Dayak, yakni Tambun dan Bungai. Legenda dan cerita rakyat Tambun Bungai sangat dikenal masyarakat setempat sebagai asal usul manusia di bumi Kalimantan Tengah. Tambun Bungai menjadi ikon Kalimantan Tengah, yakni Bumi Tambun Bungai, dan diambil sebagai nama jalan di beberapa kota di Kalimantan Tengah. Oke, sekarang kita akan mencoba melakukan perjalanan kembali ke "akar"

#CatatanCakrawala - Panorama Pasir Putih, Air Terjun Bumbun dan Tugu Equator Tumbang Olong #ExploreMurungRaya

Bukit Pasir Putih, mungkin juga disebut Bukit Tengkorak, adalah salah satu bukit yang cukup tinggi di jalur HPH yang menghubungkan daerah Uut Murung dan Muara Bumban. Ketinggiannya hampir mencapai >200an mdpl, tidak jauh dari situ terdapat Air Terjun Bumbun berketinggian sekitar 80 meter dan Desa Tumbang Olong yang merupakan ibukota Kecamatan Uut Murung. Di sanalah terdapat Tugu Khatulistiwa karena letaknya tepat di atas garis Khatulistiwa, dengan kata lain tempat tersebut jika diambil garis lurus maka sejajar dengan Kota Pontianak di Kalimantan Barat.  Titik kulminasi yaitu saat Matahari berada di atas garis Khatulistiwa (sekitar tanggal  21-23 Maret dan 21-23 September), juga terjadi di Tugu Equator Tumbang Olong ini, walaupun mungkin berbeda jam dengan Tugu yang di Pontianak. Pada saat itu bayangan kita akan tidak terlihat selama beberapa detik, karena Matahari akan berada tepat di atas kepala kita. Jarak tempuh menuju Kecamatan Uut Murung ini cukup jauh, sekitar 120 km,